UTU dan Pemkab Bener Meriah Jalin Kerjasama
  • UTU News
  • 27. 11. 2020
  • 0
  • 370

MEULABOH - UTU | Dalam rangka mendukung kebijakan Kampus Merdeka Merdeka Belajar, Universitas Teuku Umar menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kabupaten Bener Meriah. Kerjasama dalam bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, ini ditandatangani Bupati Bener Meriah, Tgk. Sarkawi yang diwakili Sekda Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si dan Rektor UTU. Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA.

Penandatanganan MoU kesepahaman tersebut dilakukan di ruang Aula Pendapa Bupati Bener Meriah, Simpang Tiga Redelong, Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Jum'at (27/11/20).

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan harapan Bupati Bener Meriah terhadap kesepakatan kerjasama ini menjadi momentum sekaligus awal guna menata pembangunan Kabupaten Bener Meriah kedepan. Kabupaten yang relatif masih muda dan baru berusia 15 tahun.

Kabupaten Bener Meriah menginginkan langkah-langkah yang terukur dalam membangun daerahnya sesuai dengan kajian-kajian dan potensi yang dimiliki. Terutama saat ini, Bener Meriah yang manyoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani kopi sedang mengalami harga anjlok sehingga petani mengalami kerugian, hal ini tak terlepas dari pengaruh Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia dan secara global.

“Kami berterimakasih atas kunjungan Rektor Prof Jasman yang didampingi lengkap para Wakil Rektor dan Dekan lingkup UTU ke Kabupaten Bener Meriah. Prof dapat melihat langsung potensi yang ada sekaligus membuat langkah-langkah strategis yang dibutuhkan kedepan seperti apa”, kata Sekda, diaula Pendapa Bupati Bener Meriah, Jum’at (27/11).

Pihaknya mengharapkan MoU ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan kedua belah pihak antara Pemkab Bener Meriah dengan pihak Universitas Teuku Umar Meulaboh.

"Kami sangat menaruh harapan kepada UTU, semoga berjalan dengan lancar, kami juga mengimbau kepada para kepala SKPK untuk dapat melihat peluang untuk mengembangkan segala sektor yang ada di Bener Meriah," tuturnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE, MBA yang hadir didampingi sejumlah pejabat kampus dan dosen menyampaikan jika Bener Meriah merupakan daerah yang sangat kaya dengan potensi alamnya, terutama dibidang Pertanian, hal ini sangat sesuai dengan core UTU yaitu Agro and Marine industri.

"Khususnya dalam bidang pertanian dan perkebunan yang merupakan potensi besar Bener Meriah, kedepan melaui kerjasama ini, akan dimaksimalkan peran aktif dosen dan mahasiswa UTU baik dalam hal magang, penelitian dan lainnya sesuai dengan konsep Kampus Merdeka, Merdeka Belajar." Jelas Rektor

Rektor juga menyampaikan, UTU memiliki tanggungjawab terhadap peningkatan sumber daya manusia di Aceh, selain dengan meningkatkan SDM Dosen yang aktif dan kreatif untuk menghasilkan para sarjana yang kreatif, kita juga menampung anak-anak yatim dan fakir miskin dengan memberikan beasiswa full sampai selesai kuliah.

"Dalam hal ini, kami meminta dukungan dan peran aktif dari Pemkab Bener Meriah dan jajaran untuk memfasilitasi anak-anak kurang mampu dan anak yatim yang ada di Negeri diatas awan ini untuk melanjutkan studi di UTU, Insya Allah mereka akan diberikan beasiswa bidikmisi (KIP Kuliah), apalagi Bener Meriah dan Aceh Barat hanya terpaut tiga jam saja perjalanan darat." Harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan penandatanganan kerjasama tersebut, mendampingi Rektor UTU, Wakil Rektor I, Dr. Alfizar, DAA; Wakil Rektor II, Dr. Ishak Hasan, M.Si; Wakil Rektor III Dr. Mursyidin, MA, Kabiro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama, Drs. Muslim Raden, M.Si. Juga turut hadir Dekan FPIK, Prof. Dr. M. Ali S, M.Si, Dekan Fakultas Teknik, Dr. M. Isya, MT; Dekan Fakultas Ekonomi Dr. T. Zulham, dan para kabag lingkup UTU.

Sedangkan dari unsur Pemkab Bener Meriah turut dihadiri para Asisten dan Kepala Bappeda Bener Meriah Khairun Aksa, SE., MM serta sejumlah Kepala SKPK lainnnya. Diakhir kegiatan, Rektor UTU, Prof. Jasman dan Setdakab Bener Meriah Haili Yoga saling menyerahkan cenderamata sebagai simbol persahabatan diantara dua instansi tersebut. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :