Sejumlah Dosen Ikuti Detasering Penjaminan Mutu Universitas Teuku Umar
  • UTU News
  • 29. 10. 2020
  • 0
  • 229

MEULABOH - UTU | Pusat Penjaminan Mutu Internal Universitas Teuku Umar (PPMI - UTU), menyelenggarakan kegiatan detasering PPMI yang diikuti sejumlah dosen. Kegiatan yang bertopik “Siklus Penjaminan Mutu” ini berlangsung secara daring sejak 14 Oktober 2020 lalu. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) kali pertemuan hingga 9 November 2020.

Koordinator Pusat PMI-UTU, Triyanto, MA mengatakan kegiatan Detasering PPMI Universitas Teuku Umar akan dilangsungkan selama 7 kali, sementara perharinya akan berlangsung selama 90 menit perkegiatan.

"Detasering Penjaminan mutu dimulai pertama kali pada tanggal 14 Oktober 2020, dan hari ini topik yang dibahas  adalah penyusunan dokumen PPEPP." Jelas Triyanto

Fokus pembahasannya berhubungan dengan penyusunan standar mutu yang harus melampaui SN Dikti sesuai dengan permendikti no 3 tahun 2020.

"Dalam setiap sesi kegiatan, beberapa dosen yang menjadi peserti dibebankan untuk menyusun materi tentang sub topik penjaminan mutu dan selanjutnya dipresentasikan. Alhamdulillah dosen yang presentasi hari ini pada dasarnya sudah sesuai dengan yang diharapkan detaser." Lanjut Triyanto

Selain itu, lanjutnya standar mutu UTU juga harus mengimbangi kurikulum kampus merdeka yang sudah ditetapkan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Saat ini, Pusat Penjaminan Mutu Internal UTU sedang menyusun tim untuk melakukan revisi dokumen penjaminan mutu ini sebagai tindak lanjut program detasering dan mendukung kurikulum kampus merdeka yang sedang diproses di UTU. Diharapkan selesai program detasering penjaminan mutu nantinya juga tetap terus dilanjutkan perbaikan semua dokumen penjaminan mutu Universitas Teuku Umar." Pungkas Triyanto.

Pemateri utama dalam kegiatan detasering penjaminan mutu UTU ini adalah Dr. Ir. Sholeh Avivi, M.Si dari Universitas Jember, Jawa Timur. Pertemuan pertama dengan materi pentingnya penjaminan mutu internal, pertemuan kedua berlangsung 19 Oktober dengan materi pokoknya Sasaran Penjaminan Mutu Internal. Pertemuan ketiga yaitu P2EP2 Proses Penjaminan Mutu berlangsung 21 Oktober 2020.

Sementara pertemuan keempat yaitu Penyusunan Dokumen Perencanaan yaitu 26 Oktober 2020, pertemuan berikutnya dijadwalkan 2 November dengan materi pokoknya Penyusunan Dokumen Pelaksanaan. Dua pertemuan terakhir dijadwalkan berlangsung 4 dan 9 November 2020 dengan materi masing-masing Teknik Melakukan Evaluasi; dan Penyusunan Dokumen Evaluasi, Pengendalian dan peningkatan. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)

Komentar :

Lainnya :