PUSAT HKI UTU Gelar Diskusi Penelusuran Paten
  • UPT_TIK
  • 27. 10. 2020
  • 0
  • 264

MEULABOH, UTU - Kegiatan detasering pendampingan untuk memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI) pada pertemuan ketiga, Selasa, 27 Oktober 2020, membahas tentang penelusuran paten, secara daring. Penelusuran paten merupakan topik yang sangat penting bagi civitas akademika dalam rangka menyusun drafting sebagai bahan kelengkapan mengajukan permohonan paten pada DJKI Kemekumham RI.  

Narasumber detaser adalah Syafii, ST, MT, P.hD, dari Universitas Andalas (Unand). Menurut Syafii, beberapa situs yang dapat digunakan untuk melakukan penelusuran paten antara lain portal DJKI, WIPO (World Intellectual Property Organization), US Patent dan google patent.

Pada kesempatan ini, syafii juga mempraktekkan bagaimana cara melakukan patent searching pada berbagai situs tersebut. Lebih lanjut, Syafii menjelaskan bahwa informasi hasil penelusuran paten (patent searching ) digunakan oleh para civitas akademika dalam proses drafting patent untuk membandingkan hasil invensinya dengan berbagai jenis patent yang sebelumnya telah granted.

Syafii juga menegaskan, menulis invensi harus lengkap dan jelas, sehingga dapat dimengerti oleh orang ahli dibidangnya, dan harus mencakup seperti judul, bidang teknik invensi, latar belakang invensi, ringkasan invensi, uraian singkat gambar, uraian singkat invensi. Dalam menulis judul tidak boleh menggunakan kata-kata pujian, tetapi yang datar saja. Judul harus singkat, invensi cukup satu paragraph.

Mirdha Fahlevi SI, SE.,MSM selaku Koordinator Pusat HKI Universitas Teuku Umar (UTU) mengapresiasi semangat para civitas akademika dalam mengikuti kegiatan detasering pendampingan perolehan HKI. “Mudah-mudahan melalui kegiatan detasering ini mampu menghasilkan berbagai drafting paten yang berasal dari invensi para civitas akademika UTU untuk di dafaftarkan pada DJKI KEMENKUMHAM RI”, ujar Mirdha yang juga dosen muda Fakultas Ekonomi UTU. (***)

 

 

Lainnya :