Jelang Idul Adha 1441 H, UTU Tambah Dosen Bergelar Doktor
  • UTU News
  • 31. 07. 2020
  • 0
  • 300

MEULABOH - UTU | Sehari sebelum hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H /2020 M atau Kamis (0/7/2020), Universitas Teuku Umar (UTU) menambah dosen bergelar Doktor. Dia adalah Saiful Badli yang mendapat gelar Doktor Ilmu Ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh.

Melalui ujian tertutup disertasi di Ruang Diklat FEB Unsyiah. Ujian Disertasi dipimpin oleh Prof Dr. Nasir, SE., MBA. Bertindak sebagai promotor: Prof Dr. Raja Masbar M.Sc. serta Ko Promotor Dr. Nazamuddin, MA. Dan Dr Muhammad Nasir SE., M.Si., MA.

Sementara Komisi Penguji terdiri dari Prof Dr. lie. rer. reg. Sirozujilam, SE. Konsentrasi dari luar institusi, Dr. T. Zulham SE., M.Si. dan Dr. Eddy Gunawan, SE., MA sebagai penguji konsentrasi dan Dr. Vivi Sylvia SE., M. Si penguji dari Senat Universitas Syiah Kuala.

Penelitian bertujuan untuk menganalisis kebijakan subsidi BBM, Inflasi, Tenaga kerja dan dampaknya terhadap pendapatan per kapita di Indonesia. "Penelitian ini dilakukan menggunakan desain penelitian kuantitatif," ujar Saiful

Saiful menyampaikan hasil disertasinya dengan judul Analisis Kebijakan Subsidi BBM dan Dampaknya terhadap Pendapatan Perkapita di Indonesia. Dalam penelitiannya Saiful memaparkan bahwa subsidi BBM memiliki kausalitas searah dengan GDP, sehingga dapat dikatakan subsidi BBM yang dilakukan oleh pemerintah dapat mempergaruhi pendapatan per kapita masyarakat.

"Ada dua rekomendasi kebijakan yang harus dilakukan oleh pemerintah, pertama pemerintah harus mempertahankan kebijakan subsidi BBM untuk masyarakat miskin, yang kedua mengawasi subsidi BBM yang ketat sehingga masyarakat yang membutuhkan BBM subsidi tepat sasaran, serta pendapatan per kapita masyarakat semakin meningkat." Jelas Saiful Badli kepada UTUNews via pesan WA.

Alhamdulillah, atas keberhasilan mempertahankan disertasi dihadapan dewan penguji, saya dinyatakan lulus dengan nilai kelulusan A. Pungkas Dr. Saiful Badli, SE., M.Si.

Dekan FE UTU, Dr. T. Zulham, SE., M.Si mengucapkan rasa syukur dan bangganya atas keberhasilan salah satu dosen di Prodi Ekonomi Pembangunan meraih gelar Doktor.

"Alhamdulillah Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar kini telah memiliki tiga orang Dosen bergelar doktor, selain Dr. Saiful Badli, SE., M.Si, sebelumnya sudah ada Dr.Syahril, SE., M.Si. dan Dr. Helmi Noviar, SE., M.Si.". Jelas Dr. T. Zulham

Kebahagiaan ini bertambah setelah minggu sebelumnya, Program Studi Ekonomi Pembangunan baru saja mendapat akreditasi B dari BAN-PT, sehingga dengan kepulangan Dr. Saiful Badli, tentunya akan semakin memberikan semangat baru dalam menjalankan roda kegiatan akademik bersama seluruh civitas akademika di lingkungan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar ke depannya. Pungkas Dr. T. Zulham

Prestasi laki-laki kelahiran Cot Geulempang, 13 Mai 1976 dalam bidang akademik juga mendapat apresiasi dari Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA.

Rektor mengucapkan selamat atas prestasi yang dicapai Saiful Badli "Selamat atas pencapaiannya, semoga ilmunya dapat berguna bagi lingkungan sekitar khususnya bagi UTU. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :