HIMADISTRA  Gelar Seminar dan Workshop Online
  • Ilmu Administrasi Negara
  • 22. 09. 2021
  • 0
  • 434

Meulaboh, 18/09/2021, Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (HIMADISTRA) Universitas Teuku Umar sukses laksanakan seminar sekaligus workshop online dengan tema "Upaya Pembentukan dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Menghadapi Dominasi Budaya Asing di Kabupaten Aceh Barat".

Acara tersebut merupakan kelanjutan dari luaran penelitian Tim Program Kreativitas Mahasiswa- Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) UTU yang diketuai Nila Safrida, dengan Anggota Nadya Balqis dan Wais Al Qarni serta dibimbing oleh Safrida S.Sos., M.AP berjudul "Hegemoni Korean Wave dalam Perspektif Pembentukan Karakter Gen Z Studi Kasus Kabupaten Aceh Barat". Tujuan utama kegiatan seminar dan workshop ini ialah untuk memberikan kiat bagi semua kalangan agar berpartisipasi dalam usaha penguatan nilai karakter pada siswa supaya bisa membendung dampak negatif dari dominasi budaya asing seperti Budaya Korea (Korean Wave) yang kini marak menjangkiti kaula muda atau Gen Z.

Peserta dalam acara ini merupakan siswa-siswi SMP/MTSs, SMA/MAN yang ada di Aceh Barat, Mahasiswa, orang tua serta masyarakat. Kehadiran pemateri yang luar biasa turut menambah kesuksesan acara tersebut seperti kehadiran Bapak Muhammad Nasir S.Pd dari Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat, Ibu Maisarah, S.Ag selaku Waka Kurikulum MAN 1 Aceh Barat, dan Bapak Kemal Pasya, S.IP., MPA sebagai Setcam Johan Pahlawan.

Pemateri dan peserta sangat mengapresiasi kegiatan ini, terlebih saat sesi tanya jawab dibuka, para peserta sangat antusias. Nila Safrida selaku Ketua Tim penelitian mengatakan "kami sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada seluruh partisipan yang telah berhadir, terutama pada pemateri yang telah meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu yang amat sangat bermanfaat, kami juga sangat berharap hasil dari kegiatan ini dapat membuka mata kita semua jika dominasi budaya asing seperti Budaya Korea jangan dipandang sebelah mata, sebab realitanya budaya tersebut dapat mempengaruhi karakter siswa (Gen Z) , sehingga keterlibatan semua pihak diperlukan untuk mengantisipasi dampak negatif yang ditimbulkan". (Debby)

Komentar :

Lainnya :