• Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
  • 09. 08. 2021
  • 1662

Sesuai amanat UU No14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Univesitas Teuku Umar (UTU) sebagai Instansi publik guna memenuhi kebutuhan informasi dengan membuat Layanan Informasi Publik. Layanan Informasi Publik Universitas Teuku Umar juga disediakan untuk memudahkan publik mendapatkan informasi tentang UTU. Publik berhak mengajukan informasi publik yang dikelola oleh Universitas Teuku Umar sesuai ketentuan-ketentuan yang berlaku. UTU melayani seluruh permohonan informasi melalui Layanan Informasi Publik secara online, dan juga secara offline (datang langsung, surat elektronik, telepon dan lain-lain).

Keterbukaan informasi publik sangat penting oleh karena masyarakat dapat mengontrol setiap langkah dan kebijakan yang diambil oleh Badan Publik terutama Perguruan Tinggi. Penyelenggaraan kekuasaan dalam negara demokrasi harus setiap saat dapat dipertanggungjawabkan kembali kepada masyarakat.

Universitas Teuku Umar merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Baru di Indonesia semenjak ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 25 tahun 2014 tentang Pendirian Universitas Teuku Umar. UTU merupakan Badan Publik, dimana diwajibkan untuk menyampaikan keterbukaan informasi publik.,

Dalam UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik disebutkan setiap badan publik wajib memiliki unit kerja khusus yang mengelola informasi dan dokumentasi terkait lembaga tersebut. Berdasarkan UU tersebut, UTU telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Universitas Teuku Umar Nomor 636 Tahun 2015 yang kemudian diperbarui dengan SK Rektor Universitas Teuku Umar Nomor 22/UN59/HK/2020 tentang Pengangkatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Universitas Teuku Umar.

PPID UTU setiap saat melakukan rapat rutin ataupun koordinasi untuk memastikan keterbukaan informasi publik terus berlanjut. PPID UTU juga telah melakukan serangkaian kegiatan untuk sosialisasi, edukasi, dan publikasi segala hal terkait dengan pengelolaan informasi publik baik kepada stakeholder internal (mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan) maupun stakeholder eksternal (calon mahasiswa, orangtua, guru-guru sekolah, alumni, mitra-mitra kerjasama, serta masyarakat umum).

Penyebaran informasi dikemas dalam berbagai-bagai kegiatan di antaranya :
- Penyebaran informasi melalui e-flyer ke grup-grup lingkup UTU, media massa dan masyarakat luas;
- Penyebaran informasi melalui akun-akun media sosial resmi UTU (Facebook Universitas Teuku Umar, IG @kampus_utu, Twitter @Univ.Teuku_Umar)
- Penyebaran informasi melalui produk-produk media seperti UTU News, UTU Smile.
- Penyebaran informasi melalui media luar ruangan seperti Baliho, Poster dan lain-lain.
- Produksi dan pengiriman siaran pers ke berbagai-bagai media massa (media cetak dan Online)
- Penyelenggaraan konferensi Pers, dan
- Sosialisasi UTU ke sekolah-sekolah di Indonesia serta menerima kunjungan siswa ke kampus.

Alamat :

PPID Universitas Teuku Umar
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, kec. Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681
Telpon   : 0655-7110535
Email      : ppid@utu.ac.id

Komentar :